Friday, January 29, 2016

DIY: memperbaiki tuas saklar lampu rem depan

saya kali ini akan membagi pengalaman saya memperbaiki tuas rem depan dengan cara gratis.


cerita nya besok saya akan berangkat ke Solo untuk menghadiri acara. tapi saat saya cek-cek keadaan kendaraan. loh? kok  lampu rem menyala terus. setelah saya coba tekan-tekan tuas antara rem depan dan belakang. ternyata tuas rem depan yang bermasalah. okay, setelah saya lihat ternyata tuas yang aus termakan usia dan gesekan (maklum, motor dari tahun 2007, sekarang sudah 9 tahun berjalan). tapi karena waktu mepet, dan besok pagi mau berangkat saya coba memperbaiki sendiri. lumayan hemat 30 ribu untuk bawa ke bengkel... ehehehe

pertama saya siap kan karet bekas ban dalam dulu... nah saya potong sekitar 1 cm dan panjang 5 cm buat memasukan ke celah kecil nya (sesuaikan dengan motor sampeyan yah)



kalau sudah terbentuk dan di pas-pas in... tinggal masukan ke sini... kalau susah masukin nya... lepas dulu handle rem nya pake kunci 10. ga usah takut.. handle rem ini beda dengan handle rem kopling yang tersambung kabel. handle rem ini cuma tuas doang kok... nah tinggal masukan ke sini potongan karetnya... buat nutupin tuas rem yang sudah aus termakan usia


okay masalah selesai, tinggal cek cek... lebih mendingan sih, enggak menyala terus lampu rem belakangnya. tapi jadi kedip kedip lampu rem belakang nya. ada apakah gerangan? ternyata masalahnya di saklar nya yang kurang menekan. okay akalin lagi nih pakai cara hemat. yaitu plastik yang tipis tapi kaku. dan yang di manfaatkan kali ini adalah bekas botol mineral bekas. potong bagian tengah nya sekitar 1.5 cm x 1.5 cm. buat nutupin saklarnya.


 lalu kita pasang disini, deket saklar rem lampu belakangnya, di selipin di celah kecil

tapi karena seperti nya kurang kenceng... tidak keren loh kalau tiba-tiba plastik ini jatuh dan lampu rem belakang kedap-kedip sendiri. maka buat jaga jaga saya pakai lem super. nah kebetulan saya masih punya sisa kemarin. jadi bisa lebih hemat 5000 rupiah


 di beri kertas atau apalah di bawah nya biar lem super ini ga luber kemana-mana

 di lem dengan hati-hati. karena lem ini panas kalau kena kulit

tiris lalu keringkan sebentar :D

dan akhirnyaaaa.... tus rem yang aus kembali normal. udah ga nyala terus. udah ga kedip-kedip lagi. bener-bener mati kalau tuas rem depan nya enggak di mainin....

HEMAT 30 RIBU


2 comments:

  1. Masalah saya lebih parah Men, Tuas Rem nya dibagian Kuningan yg dua itu untuk listriknya Patah. Saya cob benerin, Ehh pas di Bongkar dalemnya amuradul. gimna dong nih gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. diganti dibengkel aja gan kalau itu.... bengkel yang gede.... :D

      Delete

Yin And Yang Yin Yang