Sunday, October 21, 2012

Ban Drag VS ban Gambot

bimo96.wordpress.com
hari ini aku akan membahas pengalaman ku selama naik motor. nah kali ini adalah pengalaman dimana aku mencoba naik sepeda motor dengan Ban gambot (ban Gedhe) dan ban cacingan (ban kecil). banyak kelebihan dan kekurangannya.... okey... mari kita bandingkan...


kelebihan ban Gambot/lebar/besar:
  • bentuknya menambah garang dan berotot jika dipasang di motor
  • di atas kecepatan 100 km/h sangat seimbang... entah dipake individu maupun berboncengan
  • saat digunakan dijalan lurus ataupun belokan, sangat seimbang.
  • ban sangat mencengkeram aspal dengan baik
  • bisa melibas jalan indonesia yang berlubang, kerikil dan bergelombang dengan baik
  • pengunaan nya dalam riding, lebih santai
  • digunakan untuk keseharian bisa
  • digunakan untuk jarak jauh... bisa sekali
  • sangat safety riding
kekurangan ban Gambot/lebar/besar:
  • harganya sangat mahal dan berkelas
  • jika dipasang akselerasi berkurang, dan lebih boros
  • waktu start 0-60 km/h lebih berat dari ban standar

kelebihan ban drag/cacing/kecil:
  • harganya lebih murah
  • jika dipasang akselerasi perpindahan gigi bertambah
  • waktu start 0-60 km/h lebih enteng dari ban standar
kekurangan ban drag/cacing/kecil:
  • bentuknya sangat aneh jika dipasang di motor... karena bentuknya seperti ban sepeda angin punya adik saya...
  • jika dipasang, motor akan terlihat menjadi lebih kemayu (banci)
  • jika digunakan individu, di atas kecepatan 60 km/h suka geyal-geyol kena hempasan angin... merasa kaya ban lepas dari aspal
  • jika berboncengan, dan melaju di atas kecepatan 20 km/h sangat tidak seimbang
  • saat digunakan cornering dibelokan, tidak seimbang
  • tidak bisa mencengkeram aspal dengan baik
  • tidak sesuai dengan jalan Indonesia yang berlubang dan bergelombang
  • cepat capek
  • sulit digunakan untuk keseharian
  • sulit digunakan untuk jarak jauh
  • tidak safety riding
  • walau akselerasi bertambah, namun top speed tetep sama... malah top speed akan berkurang karena tidak seimbang jika bertemu jalan bergelombang dan kerikil
  • lebih cepat bocor
ban sepeda angin:kaskus.us
jadi... anda pilih yang mana??? suka-suka ajah... pilih yang aman? pilih yang suka ugal-ugalan? but, kalo berpikir ban paling bagus, ya tetap ban yang sama dengan ukuran ban pabrik bawaaan motor. karena ban ukuran pabrik pasti sudah di hitung dari gerakan fisika yang sangat tepat, dan kesesuaian nya dengan jalan Indonesia ... misal ban belakang motor saya dari pabrik berukuran 17/180... saat akan ganti ban di pasar, delaer, atau toko aftermarket tetep saya pasang dengan ukuran 17/180... karena lebih aman dengan angka hitungan ban bawaan pabrik.


No comments:

Post a Comment

Yin And Yang Yin Yang