Sunday, February 7, 2016

hampir tertipu BKK Rengganis

saya akan berbagi pengalaman saya tentang modus penipuan lain, agar lebih berhati-hati. BKK Rengganis yang saya maksud ini adalah yang Awalnya bernama PT. Cakrawala Pratama, terus ganti nama jadi CV. Permata Pratama, trus ganti nama Cv. Rajawali Pratama, ganti lagi jadi BKK Pratama, ganti lagi jadi BKK Rengganis.

klik untuk memperbesar
sejenak saya merasa gembira ternyata ada info lowongan pekerjaan di facebook, yang saya lihat mencamtumkan salah satu produsen besar di indonesia

PT. INDOFOOD, perusahaan produsen indomie goreng dan pop mie, membutuhkan banyak karyawan/ti dan tenaga kerja sebagai: - Administrasi - Accounting - Operator Produksi - Gudang - Receptionis Persyaratan: 1. Pria dan Wanita 2. Usia 17 - 33 tahun 3. Lulusan SMA/K - S1 semua jurusan 4. Sehat jasmani dan rohani 5. Tidak sedang terikat kerja Fasilitas: - Gaji UMR - 3jt - Mess - Bonus & Insentif. - BPJS - Fasilitas-fasilitas lain sesuai posisi. Proses wawancara dilakukan di kantor yogya, untuk melamar silahkan mengirimkan data diri lengkap anda ke bag personalia: 088802849137

okay karena saya orang yang tidak egois, saya pun membagi info ini dengan salah satu teman saya, dan teman saya menghubungi nomer tersebut, yang mengaku bernama Bapak dika. langsung keesokan harinya kita di suruh datang oleh bapak dika ke yogya, tepat nya di No.,Jl. Veteran,Umbulharjo,Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.


klik untuk memperbesar

setelah perjalanan yang melelahkan berboncengan mengelilingi yogya, apes juga kenapa GPS android tiba-tiba jadi error. akhirnya kita mencari dengan menebak nebak. dan syukurlah setelah beberapa kali berputar-putar kita bisa menemukan tempatnya. dekat dengan lampu merah dan tepat di samping kantor YAYASAN NURUL HAYAT.

lho lha kok aneh? tulisan nya itu BKK RENGGANIS PRATAMA, alias BURSA KERJA KHUSUS RENGGANIS PRATAMA, bukan kantor PT indofood seperti yang saya kira dan harapkan

klik untuk memperbesar

nah masuk lah saya dan teman saya ke dalam situ, dan menumpuk lamaran di box. atmosfir di dalam tidak menyenangkan. 

yah walaupun resepsionis nya cantik. namun pelamar pekerjaan penuh sesak di kursi, yang menunggu di sana rata-rata muka nya memelas dan tidak ada yang senang (kalau dapat pekerjaan kan harusnya senang). bahkan cuma aku dan teman saya yang senang di sana karena bercanda-canda. biasa coy, jiwa rock n roll tetep jalan dimanapun tempatnya.

lalu dipanggilah teman saya untuk masuk, baru teman saya masuk udah keluar lagi dan memanggil saya.

"lho, wis metu? enek opo?" (lho sudah keluar? ada apa?)

"kowe jare di kon masuk sekalian, wawancara bareng" (kamu di suruh masuk sekalian, wawancara bareng)

klik untuk memperbesar

lah kok perasaan saya tambah ga enak, wawancara kan yang profesional harusnya satu persatu, bukan bareng bareng. sukses saya masuk dengan teman saya dan di sambut wanita yang lebih cantik dan seksi daripada resepsionis tadi. wanita tersebut suaranya cukup lembut dengan senyum ramah. tapi mulutnya tidak henti-henti nya berbicara. hingga terlintas ide. saya pun bertanya.

"mbak, teman saya kan lulusan SMK, saya kan S1. yang cocok buat S1 apa yah?"

mbaknya menjawab. "ga masalah masnya mau milih yang mana. karena kami ngambilnya kan minimal SMA sederajat. jadi sama"

maksudnya di setarakan? nah lho? SMK sama S1 tuh ijasahnya dah beda loh? lha wong jurusan nya saja sudah beda, teman saya hitung-hitungan sedangkan saya desainer. saya biarkan tuh mbaknya bicara terus saya tidak tertarik. hingga akhirnya mbaknya bilang.

"sebelum di masukan berkasnya, kalian harus tes psikologi dulu, dan biaya untuk tes psikologi adalah 100.000 rupiah"

sontak saya kaget, lho??? saya kan mencari pekerjaan kok tiba-tiba di suruh bayar? perasaan dimana-mana tes psikologi kan gratis. akhirnya saya tolak dengan bilang pekerjaan di PT Indofood tidak ada yang cocok. eh tapi mbak nya memaksa bisa membayar setengah nya untuk mengetahui bakat saya kemana. saya tetap menolak dengan halus.

 namun teman saya malah bilang mau dan membayar nominal langsung 100.000 rupiah. teman saya sukses masuk ke dalam ruang psikologi sedangkan saya keluar ruangan sambil mencabut berkas. enak aja capek-capek legalisir dan fotokopi hilang sia-sia di tempat semacam BKK RENGGANIS.

setelah keluar teman saya bilang "tibakne test e gampang banget" (ternyata test nya cukup mudah sekali)

klik untuk memperbesar

Lalu teman saya dipanggil lagi ke dalam untuk melihat hasil test nya. cukup lama saya menunggu diluar, dan teman saya muncul dengan muka marah di tahan.

dia pun bercerita. "perasaan tadi test nya sangat mudah. kenapa nilai ku hanya 76, dan untuk masuk ke accounting harus 95. kok semua ga ada yang lulus tes psikologi yah di dalam"

otomatis sia-sia tuh uang 100.000 rupiah. bayangkan saja uang 100.000 rupiah didapat dengan menipu paling tidak 100 orang per hari. berapa duit tuh?

dia  pun menambahi. "akhirnya aku tadi bertemu dengan yang namanya bapak dika di lantai 2. dan untuk masuk ke accounting, aku malah disuruh membayar 500.000 rupiah." 

eh buseeet? mau nyari kerja kok di suruh bayar? apa kurang itu pungutan duit 100.000 rupiah

tapi teman saya menolaknya karena tidak sesuai prinsipnya. bahkan bapak dika kata temen saya malah bilang "ya kalau mau masuk kerja tidak pakai duit, susah masuknya" pantes saja teman saya marah tapi di pendam.

kita mampir dulu di warung HIK depan BKK RENGGANIS. dan disana kita bertemu dengan korban-korban lain nya yang sedang makan sambil ketawa-ketawa karena sudah tertipu 100.000 rupiah

selesai makan. kita berdua sepakat ke masjid untuk sholat dulu, karena ini hari jum'at. ya wajib dong. saya lihat karcis parkir nya bayar 1000 rupiah. teman saya pun menyodorkan 1000 ke pada pak satpam BKK RENGGANIS. tapi pak satpam nya BKK RENGGANIS minta 2000 rupiah. eh lah gemblung, pantes saja dalam nya penipuan. lha wong satpam nya BKK RENGGANIS saja sudah jadi koruptor. mana korban nya cukup banyak di dalam sana. saya sebenarnya cukup kasihan. mencari kerja kok malah di tipu.

nah itu aja BKK RENGGANIS malah ngiklan di jogjakarir.com >> klik untuk memperbesar

setelah ke masjid dan bermain keliling yogya melepas stres dan kekonyolan tadi. kami pun pulang. tapi malamnya teman saya dapat SMS lagi dari PT BKK RENGGANIS. Dengan nomer yang sama yaitu 088802849137 tapi kali ini mengakunya bukan bapak dika. melainkan bapak johanes. eeeehh, lah KAMPRET!!!!


klik untuk memperbesar


klik untuk memperbesar

*btw ternyata BKK RENGGANIS itu backingannya mantap, buktinya bisa aman dari ratusan bahkan ribuan laporan penipuan. jadi kalian harus yang berhati-hati sendiri yah.

2 comments:

  1. Waduh,, saya korban ke berapa ini ya. Udah keluar uang 200rb. Tdk sesuai dgn perusahaan yg di pengumuman nya sedang buka loker. Nama yg interview sama : pak dika.
    Akhirnya saya debat via sms, uang sy bisa kembali setelah 3 bln. Alias setelah kartu member pt Pratama itu habis masa berlakunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dijamin uang tidak akan kembali... karena emang niat dari awal dah tipu2...

      Delete

Yin And Yang Yin Yang