Saturday, January 7, 2012

bag. 4 Hari kedua ke Pangandaran




Lokasi: Rumah Uyik, Cilacap

“Semua sudah siap kah?” tanyaku kepada Anak-anak ehok termasuk si Uyik. Tetapi kenapa pertanyaan ku tidak digubris, owww ternyata dan ternyata semua masih sibuk nyiapin persediaan untuk di bawa ke Pangandarans. Aku pun ga mau ketinggalan. Masa aku ga bawa apa-apa, ikutan aja aku nyiapin semua keperluan yang di butuhkan. Aku masukin 3 baju, terus odol, tak lupa permen dari toples di ruang tamu Uyik (mumpung ga ada yang lihat, rasa malu harus di buang jauh-jauh. Hehehe).

Pas aku buka-buka tas ku, ku temukan 3 botol kosong bekas perjalanan dari Solo ke Cilacap kemarin. Langsung aja gue ambil terus berlari ke dapur menemui Ibu nya si Uyik.

“Bu? Boleh minta airnya ga?” kataku tanpa ada rasa malu-malu sedikitpun.

BengBeng dan Udin yang mendengarkan pertanyaanku kaget dan melongo pasrah punya teman malu-maluin seperti aku (tapi aku ga malu tuh? Sumpeh! Bener dah! Gue ga malu), dari arah depan terdengar suara Ria dan Sutet yang tertawa terbahak-bahak.

“Boleh kok? Isinya di sana yah?” Ibunya Uyik mempersilahkanku dengan menahan tawa.

“Yes! Makasih ya Buk? Hehe.” Dengan rasa ceria yang tinggi aku menuju Dispenser Galon air minum. Untuk mendramatiskan suasana aku pelan-pelan (BACA: dengan menggoda) melihat ke Udin dan BengBeng. Masih melongo juga mereka berdua?

“Weh, Udin? Ngapain diem di situ aja? Sini! Bantuin Gue ngisi Air minum?”

Udin pun melangkah melewati Ibu Uyik sambil menunduk dan membantu aku mengisi Air ke dalam botol (meringis kecut melihat padaku).

DAPUR DI RUMAH UYIK
Setelah semua persiapan sudah siap saatnya berangkat. Dengan posisi Aku boncengin Sutet, BengBeng boncengin Ria, Kopit boncengin Uyik dengan motornya Uyik, dan Udin sendirian. Ada kabar bahwa temannya si Uyik mau ikut. Jadi perjalanan pertama jemput dulu teman si Uyik biar si Udin dapat teman boncengan.

Menurut informasi dari bapaknya Uyik: PERJALANAN KE PANGANDARAN LEBIH DARI 4 JAM LEBIH KARENA JALANAN RUSAK! Jadi kita berangkat kebut-kebutan lagi dengan rintangan jalan yang bolong-bolong. Saatnya menyanyi lagunya Serial kartun NINJA HATORI: Mendaki gunung, melewati lembah, melintasi jalan yang bolong-bolong, bersama teman berpetualang…

Sekitar 1 jam an kita melewati jalan yang penuh bebatuan (di sebut jalan ga juga sieh? Tapi namanya juga Indonesia, jalan Rusak begini sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia). Ta cukup lama kita berhenti di depan sebuah rumah sederhana. Sejenak keluarlah seorang perempuan berjilbab berwarna ungu, dan dia memperkenalkan dirinya…

“Novita…” Ahay, dia menyalami tangan ku.

Setelah Novita dan para cewek-cewek peserta touring saling mengadakan acara cipika-cipiki. Lalu dengan ikutnya Novtia (dengan rencana di boncengin Udin), lengkaplah sudah 6 anak Ehok + 2 orang tambahan (Uyik dan Novita). Dengan begini setiap motor yang berjumlah 4 pas buat boncengan 8 orang. Ternyata jalan kali ini yang dipilih adalah jalan melalui jalan pedesaan dari rumah Novita. Gila! Parah bener jalannya.

Kalo ada motor jalan melebihi 40 Km/h di jalan seperti ini tanpa babak belur udah aku sembah-sembah tuh (kecuali motor Trail). Karena terlalu konsen dengan jalan yang sangat Indonesia banget gene! (baca: batu-batu segedhe trenggiling) posisi touring kali ini corat marut karena memang ga bisa melihat posisi teman-teman. Kaget juga tuh sewaktu Kopit dan Uyik sudah di depan jauh nan di mato. Sedangkan BengBeng + Ria dan Udin + Novtia masih di belakang cuma kelihatan segedhe upil yang paling gedhe. Sampai aku melihat jarak motorku sama motor kopit dan terjadilah tragedi “TABRAK BERHENTI” (gimana mau tabrak lari? Jalannya rusak kaya gitu). Sebut saja korban kali ini adalah “MBAK” Beginilah kronologi ceritanya:

Kopit: tralalalala… trililili… jalannya rusak sekali
Uyik: (cuma pasrah terpental-pental dengan kondisi jalan yang rusak)
Mbak: (dari arah depan akan menghindari kopit)
Kopit: (ikutan menghindari si mbak-mbak)
Mbak: Eh! Eh! Eh! (sambil mengerem)
Kopit: Lho?
Mbak: lho?
Kopit: (meringis terus langsung kabur)

Nah itulah yang namanya tabrak berhenti. Yang satu menghindar, satunya lagi juga menghindar (BACA: menghindar untuk ditabrak). Belum sempat cium-ciuman motor udah berhenti duluan, melongo-melongo sebentar terus kabur dueh. Wah! Kasihan mbak-mbaknya udah pucat kaya gitu… Pas gue lewatin tuh cewek masih berhenti karena shock.

Perjalanan kali ini sangat panjang dan melelahkan, dimana 97% jalan rusak parah. Rintangan seperti ini Sangat memboroskan bensin motor. Di pinggir jalan terlihat sebuah slogan besar-besar bertuliskan “JALAN REMUK, EKONOMI TERPURUK” slogannya kurang tuh harusnya di tambahin juga “BADAN GUE JUGA REMUK”. Dari arah depan terlihat Kopit berbelok ke arah gang kecil bertulis dengan cat seadanya “MASJID”, uhm enakan istirahat dulu nueh di masjid kecil…

DI MASJID RIA MENGELUARKAN ALAT MANGKALNYA

Kondisi masjid? Kotor, di sana sini banyak ayam dan kotoran ayamnya (aku menginjaknya soalnya, jadi harus wudhu lagi). Setelah semua selesai shalat, diputuskan dahulu semua istirahat sebentar sambil menyiap-nyiapkan perjalanan seadanya… kecuali Ria, Dia lebih dulu membuka semua isi tasnya. Langsung dia keluarkan Kaca, Bedak, lipstick dan apa aja sampai kaum cowok pun ga bisa nyebutin (kecuali cowok yang berjiwa endyaaaang, pasti tau cing? Ya ga jeng?).

Yapz! Mari kita lanjutkan perjalanan, masih jalan yang bebatuan dengan banyak debu. Sampai suatu ketika roda sepeda motor naik di sebuah jalan beraspal. Weh, rasanya kangen beud nyobain jalan halus kaya gini. Ga tanggung-tanggung, gue dan kawan-kawan langsung memacu gas penuh… Tetapi ada tapinya, memanjakan pantat dengan jalan halus ternyata cuma terbatas. Sekitar satu 3 kilo perjalanan jalan sudah kembali rusak parah lagi. Maafkan aku oh pantat, kamu harus bertempur menahan goncangan dari tubuhku lagi…

Sekian lama perjalanan, jiwaku mulai bangkit saat membaca “PANTAI PANGANDARAN”. Yeha! Sudah sampai ternyata. Sesampainya di gerbang masuk ke pantai pangandaran Kopit mengajak berhenti…

“Jadi gimana?” tanya kopit ga jelas siapa yang ditanya.

“Ya udah? Ngapain bingung… Langsung masuk aja” kataku yang sudah pengen istirahat

“Ga sekalian lanjut ke Green Canyon aja nieh?” kopit memandang merayu padaku (Huekz!)

“Ini jam berapa? Udah sore tau?” oh, Uyik ternyata sejalan dengan pikiranku, kayae jodoh nieh. Ahay!

“Yaudah, tanya ke penjaga pos pangandaran yuk? Green Canyon masih berapa jauh lagi” Kopit langsung kabur menuju ke pos penjaga pintu masuk Pantai Pangandaran. Dan bertanyalah dia kepada mas-mas penjaga.

“Mas, perjalanan ke Green canyon masih berapa lama lagi yah?” Tanya Kopit.

“Waduh mas. Masih jauh banget, lagian Ini kan udah jam 4 sore. Udah mau malem, udah tutup wisatanya. Mending mas nginep ke Pantai Pangandaran dulu terus besok pagi-pagi berangkat ke Green Canyon. Gimana? Tiket masuk per orang 5 ribu ke Pangandaran, Mas?” Mas-masnya menawarin masuk.

“Okeh saya terima” kopit memberi uang 10 ribu sekalian si Uyik.

Mas-Mas tersebut menghampiriku.  Aku mengeluarkan dompet dan mengambil 5 ribuan dan memandang sutet “Mana Tet, 5 ribu rupiah?”

“Wah, dompetku di tas, Kub. Susah ngambilnya?”

“Yaudah mas, 5 ribu aja ga papa” kata mas-mas pasrah, gimana enggak. Kalo harus turun dulu. Bedah Operasi tas bawaan sebanyak gitu lama bener dah? Hahahahaha. Beruntunglah sutet ga bayar.

Sesampai di pantai pangandaran cuaca lagi tidak bersahabat. Angin yang besar, membuat motor ku oleng ke kiri sehingga harus menahan setir membelok ke kanan. Sesampai di bibir pantai. Pasir-pasir menerpa kaki ku... dan tiba-tiba semua berubah saat negara api menyerang.... (lho, kok malah avatar?). ASYEMMMM..... mataku kelilipan kena pasir.... aku keluarkan kacamata hitam milik bapaknya kopit yang aku ambil dari rumah si kopit (entar aku pasti balikin lagi kok kacamata bapaknya si kopit).

SANTAI DULU LAH... PANTAT UDAH PADAT NI....

Dengan kacamata hitam aku di atas motor sambil teriak-teriak puas sudah sampai tujuan. Nah sekarang nieh pasir biadab malah masuk ke mulutku... uhuk-uhuk, huek! Yaps, karena sudah sore, dan laper menyerang. Akhirnya aku, ipin, upin dan kawan-kawan mencari makan dan penginapan. Setelah malang melintang mencari sego pokwe = jikok dhewe (nasi ambil sendiri) biar hemat bro!!! Hehehehehe. Kita ambil nasi-sebanyak-banyaknya, dan tempe kering sebanyak-banyaknya. Toh bayarnya juga sama aja. Kan hemat beibz!!! Tapi ada yang aneh dengan nasi ini? Kok ada item-item nya ini apa yah? Berbintik-bintik? Apakah ini kutu? Ataukah jamur? Hadoh, daripada mati kelaparan, makan aja daaah... ahahahahahahaha.

“so, jadi kita mencari penginapan ga usah mahal-mahal yah?” kata kopit

“ea ntar bisa di cari dulu lah?” kata bengbeng

Aku “nyam, nyam, nyam (kelaparan)”

“kalian mencari menginapan?” Bapak yang jual warung pun mendengarkan, tuh orang botaknya persis banget sama mas toge. Ahahahahahahaha. “kalo mau 1 kamar 150. Udah ada TV ada tancapan listriknya?”

“pssst.... Nie calo ambil untung berapa nieh? mahal amat bro?” bisik-bisik desah bengbeng mengalihkan neraka ku.

Kopit pun mulai bertanya “yang ga ada TV nya berapa ya pak?”

“wah, adanya Cuma kamar yang itu mas?” kata bapaknya, busyet nieh bapak. Kita kan 8 orang. Cowok 4 Cewek 5 (Mbok dhe Ria di itung 2) Bisa tuh di masukin dalam 1 kamar tuh?

Kopit “ya udah pak kita cari-cari yang lain dulu”

Kita pun langsung bayar dan mengambil motor mencari-cari penginapan. Dari awal sampe ujung. Kita masuk. Dari hotel mewah, sampe yang mewah-mewahan. Kita perhatikan. Dan akhirnya Ada sebuah motel yang lumayan parah tapi mungkin ini bisa menghemat uang. Saat di deketin? Kok nie motel banyak banget kejadian maksiat nya yah? Heks... jijiki... kita cabut lagi hingga akhirnya kita nyampe di sebuah motel yang sederhana, jauh dari mewah, namun rapi, ga jelek-jelek amat kaya yang tadi.

“silahkan...” ibu-ibu berjilbab menyambut kami

“Heh?” kita semua plonga-plongo, maklum baru pertama denger check in sieh... tau check in ga? Ga tau yah? Makanya cari di internet? NDESOOOOOOWWWW.....

“semalam berapa yah buk?” kopit bertanya.

“150 dex? 1 kamar” kata ibu-ibu

“walah? Ga bisa kurang tuh? Bisa dipakai 8 orang ga?” kata kopit melas

“lho? Kalian cowok cewek yah? Ya udah, 150 dapat 2 kamar ga papa?” wah, ibu ini penuh perhatian sekali, pengertian sekali kita lagi susah, dan tau cewek cowok harus di pisah. Terima kasih sangat dah. Kalo dipikir yah ada kaitannya juga sieh, nieh kamar dari berberapa kamar sepi semua, Cuma 2 kamar yang di check in, yaitu yang kita tempatin. Kata ibu-ibunya pangandaran lagi sepi pengunjung karena cuaca yang tidak bersahabat serta terdesak tanggal tua. Kamar nya berwarna hijau, 1 kamar Cuma ada 2 kamar tidur, kamar mandi pesing, meja serta minum air putih dan kipas angin yang rusak. Kita semua menaruh barang-barang dengan seadanya. Melepas penat.

“bro, jalan2 ke pantai yuk?” kata udin.

“wokeh, ayoh? Aku menanggapi. Kita pun beriringan berjalan bersama keluar kamar menuju pantai.

“woi, kalian mau kemana?” kata mbok dhe ria

“mau ke pantai, disini juga bosen mau ngapain?” kata ku

“AKU IKUT KE PANTAI DUMZ KOB?” ria pun berteriak, sehingga menarik perhatian teman-temanku tidak bisa ditahan lagi langsung keluar semua ikut ke pantai. Yaps di pantai kita berjalan ber 8 akhirnya, ga jadi berduaan sama Udin sedunia. Berjalan di antara kapal-kapal yang tidak ke pantai karena cuaca buruk. Aku melihat sesuatu. Ada bola di sana? Wah bakal asik nieh bisa maen bola. Aku tengok kana, tengok kiri.

“din, tuh ada bola, maen yoh?” kataku

Udin langsung mengambil bola, tidak lupa pake tradisi tengok kanan, tengok kiri. Aman, langsung aja tuh bola diembat. Setelah itu semua membentuk formasi. Aku dan udin sebagai penyerang, sutet sebagai kiper. Di sisi lawan, kopit dan bambang sebagai penyerang, dan mbok dhe ria sebagai kiper (bakal susah nieh bobol kiper segedhe gitu?). semua bermain dengan riang gembira, tidak ada mercon atau laser dari penonton novita dan uyik, tidak ada wasit yang di diskriminasi, dan tidak ada pemain yang berlaku curang, semua hanya menikmati permainan dan angin pantai. Ini baru sepak bola Indonesia yang sportif.

SEPAK BOLA PANTAI, PAKE BOLA PINJAM ENTAH PUNYA SIAPA

Setelah semua capek. Dan basah kuyup terkena air pantai. Kita kembali ke penginapan. Cepak cepok! Cepak cepok! Lantai pun kotor, karena ada rasa perkewuh, semua tanpa kecuali ikut acara bersih-bersih lantai. Setelah semua beres, Kita langsung mandi dah, aku yang pertama. Mandi ku ta lupa sambil nyanyi-nyanyi, niat mau mainin bebek tapi mainan bebek ku ga ta bawa. Konser aja cooooyyy!!!! Asyik digoyang maaang!!!

BERSIH-BERSIH LANTAI DULU
dengan wajah segar aku keluar dari kamar mandi,di susul teman-temanku dan lain-lainnya. Gila!!! Mereka semua minta pinjam pake sabunku. Weh? Jadi touring ini yang cuma bawa perlengkapan mandi aku doang nieh? Weleh, weleh? Ya udah lah. Sabun aja ga papa. Tapi untung mereka ga juga pinjam sikat gigi ku, coba kalo mereka semua pinjam sikat gigiku, 1 sikat buat 8 orang. Huekkkz!!!

Aku pun menjemur pakaian ku, wah. Sial mereka semua udah menjemur pakaian mereka semua. Aku ga dapat tempat jemuran. Ya sudahlah aku taroh aja baju basah ku di motor ku. Baju di lampu depan motor, celana di jok motor. Dan celana dalam di boxs motor ku paling belakang. Hingga setelah semua selesai mandi dan menjemur pakaian. Aku, novita, uyik, dan kopit memutuskan pergi mencari makan. Aku perhatikan dari tadi uyik dan novita jijik banget liat celana dalam ku di atas motorku? Gemana lage. Daripada ga kering. Setelah makan kita berjalan-jalan malam dipantai, membeli sekalian baju ganti, dan bercanda-canda di penginapan, seru dah pokoknya bisa masuk TV reality show super komedy. Sekalian aja, Melepas penat dan mempersiapkan besok pagi menuju ke green canyon.

MENANTI MBOK DHE MEMILIH-MILIH BAJU (PADAHAL GA BELI)

No comments:

Post a Comment

Yin And Yang Yin Yang